Pendahuluan

Umroh merupkan suatu amalan ibadah yang sangat mulia dalam Islam, mengingat keutamaan dan pahala yang didapat begitu besar bagi mereka ketika benar-benar tulus melakukannya. Hal ini telah menjadi keinginan setiap orang muslim di dunia.

Ketika melihat keutamaanya, pastilah Anda ingin cepat-cepat pergi ke sana. Sebelum melakukan ibadah tersebut, pastikan memiliki kesiapan utamanya dalam hal biaya. Kali ini akan dipaparkan mengenai paket umroh 2020 yang bisa dijadikan pilihan.

 

Pilihan Paket Umroh Januari 2020

Berikut beberapa pilihan paket umroh lengkap dengan beberapa penawarannya:

  1. Umroh Promo 2020

Pada bulan ini, ada beberapa paket umroh promo yang akan membuat kantong Anda lebih ringan dengan biaya yang ditawarkanya. Jangan khawatir, untuk masalah fasilitas juga terbilang memadai dan bagus.

Promo umroh reguler dilaksanakan selama waktu 9 hari. Penerbangan yang digunakan untuk pulang pergi adalah maskapai Oman Air. Harga yang dipatok oleh paket promosi ini yaitu 20 juta rupiah termasuk visa, perlengkapan, akomodasi, makan, penginapan, ziarah, serta air zam-zam 5 liter.

  1. Umroh Reguler 2020

Paket umroh reguler mematok harga mulai dari 19 hingga 23 juta dengan fasilitas yang sudah cukup lengkap meliputi akomodasi, visa, manasik, pembimbing, makan dan ziarah.

Selanjutnya, yang membedakan fasilitasnya yaitu lama waktu umroh, maskapai penerbangan, hotel untuk menginap, serta tempat ziarah apa saja yang akan dikunjungi oleh para jamaah beserta rombongan.

  1. Umroh VIP 2020

Umroh dengan kualitas VIP biasanya memiliki rentang harga antara 24 hingga 28 juta rupiah. Namun, fasilitas yang didapatkan jamaahnya lebih berkelas dari umroh reguler dan promo pada bulan Januari.

Fasilitas yang dimaksud antara lain hotel bintang 4 atau 5, penerbangan Jakarta langsung Jeddah, jarak hotel dan Masjidil Haram dekat, makanan lebih lengkap, akomodasi nyaman menggunakan AC serta ziarah mengunjungi kota sekitar Makkah.

  1. Umroh Plus 2020

Umroh jenis tersebut, selain mengunjungi Kota Makkah serta Madinah, jamaah akan diajak untuk berkeliling ke negara tambahan seperti Dubai, Turki, Palestina dan sebagainya tergantung dengan paket yang ditawarkan.

Harga paket umroh bulan Januari ini relatif lebih mahal yakni sekitar 30 sampai 35 juta, dengan keunggulan fasilitas yang ditawarkan masing-masing serta tambahan ziarah ke luar negeri di luar Arab Saudi.

  1. Umroh Ramadhan 2020

Umroh bulan Ramadhan memang paling banyak diminati oleh para jamaah pendaftar. Ini karena hal merupakan suatu keutamaan yang lebih, sehingga mereka ingin meraihnya dengan khusyuk beribadah.

Harga dari paket umroh bulan tersebut adalah berkisar antara 23 hingga 28 juta, dengan fasilitas lengkap yang tidak akan mengganggu ibadah puasa Anda. Jadi, jamaah akan merasa tenang beribadah dengan biaya serta kelengkapan tersedia.

Standar Biaya Umroh 2020

Untuk pemberangkatan atau pendaftaran umroh Februari 2020, Kementrian Agama Republik Indonesia telah menentukan besaran standar biayanya. Hal ini dapat dijadikan acuan dalam memilih paket, travel dan tentu saja nominal ongkosnya.

Adapun biaya yang telah ditetapkan adalah umroh bintang 3 promo dengan harga sebesar Rp.18.999.000,-, umroh bintang 5 super Rp.19.999.000,-, umroh bintang 5 special Rp.21.999.000,- serta plus tour Dubai Rp.23.999.000,-.

Harga tersebut termasuk fasilitas tiket pesawat PP, Visa asli dan tambahan negara yang dikunjungi (untuk program umroh plus), manasik, ziarah Makkah madinah, City tour Jeddah, bus full AC, hotel, makan 3 kali sehari, pembimbing dan air zamzam 5 liter.

 

Faktor Penentu Biaya Umroh

Sebelum merencanakan untuk pergi beribadah umroh ke tanah suci Makkah, tentunya Anda harus mengetahui berapa biayanya agar bisa menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Berikut ini adalah faktor yang menentukan besar kecilnya ongkos pelaksaan yang bisa dijadikan referensi untuk memilih travel terbaik. Yaitu:

  1. Lama Waktu Pelaksanaan

Semakin lama masa tinggal di Arab Saudi, maka biaya umroh yang dikeluarkan pun akan bertambah mahal. Masing-masing travel memiliki durasi atau masa tinggal sendiri-sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Biro umroh pada umumnya menetapkan paket umroh Januari 2020  ini dengan masa tinggal 9 hari. Namun, ada pula travel yang menetapkan lama ibadah yakni 11, 12 hingga 14 hari serta umroh plus negara ketiga. Tentunya dengan tambahan biaya.

Bulan yang dipilih pun akan menjadi salah satu penyebab ditetapkannya biaya umroh. Pada bulan awal musim ibadah dibuka, biasanya relatif lebih murah. Akan tetapi, semakin mendekati ramadhan hal itu bertambah semakin mahal.

  1. Hotel dan Akomodasi

Hotel yang banyak ditawarkan dalam paket umroh oleh travel biasanya mulai dari bintang 3,4, dan 5, dengan harga bervariasi. Bisa dikatakan, sesuai fasilitas serta layanan dalam menjamu para jamaah agar merasa nyaman saat beribadah.

Pemilihan tingkat bintang sebuah hotel di kota Mekkah, tidaklah ditentukan oleh faktor fasilitas semata. Melainkan diidentikkan terhadap jaraknya ke Masjidil Haram. Semakin tinggi kategori yang dimiliki, sudah barang tentu akan mempengaruhi harganya.

Dengan adanya perluasan Masjidil Haram, terdapat beberapa penggusuran hotel dan penginapan lainnya, sementara jumlah permintaan inap untuk jamaah semakin meningkat. Sehingga, berakibat pada kenaikan harga di beberapa hotel di dekat Masjid.

  1. Perlengkapan, Handling dan Visa

Faktor selanjutnya adalah Airport handling, penerbangan dari dan menuju ke Bandara, visa dan perlengkapan apa saja yang diperlukan selama ibadah berlangsung.

Sejatinya, visa umroh diberikan secara cuma-cuma oleh pemerintahan Arab Saudi kepada individu yang baru pertama kali melaksanakanya. Akan tetapi, karena biaya investasi dan maintenance yang tinggi, biasanya pihak travel agent akan mematok tarif antara USD 60-USD 100/jamaah.

Selanjutnya, sesuai ketentuan dari kementrian haji Saudi Arabia, visa umroh tidaklah dapat diurus sendiri oleh jamaah atau dengan kata lain pengurusan tersebut haruslah melalui  travel agent yang mempunyai lisensi resmi. Oleh karena itulah, perlu diadakan biaya ongkos.

Perlengkapan umroh juga mempengaruhi penetapan biaya umroh. Kelengkapan seperti koper, troley, tas kecil, mukena, bargo, ihram, buku do’a dan biaya manasik. Hal tersebut bergantung pada kualitas bahan baku serta kenyamanan.

  1. Bus dan Muthawif

Sewa bus biasanya digunakan dalam ziarah maupun “city tour” seputar kota Jeddah, Mekkah, Madinah serta layanan dari dan menuju bandara. Untuk transportasi berkapasitas 30-40 jamaah biayanya berkisar antara 3000 SAR.

Kemudian, muthawif sebagai pembimbing ibadah juga tak kalah penting, utamanya bagi Anda yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umroh. Keberadaan mereka selain sebagai pembimbing ibadah juga berperan sebagai “jembatan” atas perbedaan bahasa dan budaya.

  1. Maskapai Penerbangan yang Digunakan

Sekitar 60-70 persen komponen biaya yang dikeluarkan oleh jamaah umroh dipergunakan untuk membayar tiket. Untuk pesawat dengan penerbangan langsung di antaranya Garuda Indonesia, Saudi Arabian Airlines, Lion Air dan Citilink.

Dengan harga yang relatif lebih tinggi, Garuda Indonesia dan Saudi Arabian menawarkan kenyamanan direct flight bersama layanan full service. Harga tiket pesawat ini bervariasi antara USD 1,100 hingga USD 1,500 untuk sekali perjalanan pulang pergi.

Demikianlah pembahasan mengenai paket umroh bulan Januari 2020. Semoga dapat menambah wawasan dan bisa dijadikan referensi pemilihan biaya bagi Anda yang akan berangkat ibadah umroh ke Makkah al Mukarromah.